Pages

SUMBER PEMBELAJARAN CETAK, ELEKTRONIK DAN LINGKUNGAN SOSIAL PADA PENDIDIKAN IPS SD

PENDAHULUAN

Agar para siswa di SD bisa belajar dengan baik pada pendidikan IPS maka diperlukan sumber belajar. Sumber belajar itu beragam jenisnya. Ada sumber belajar cetak, sumber belajar elektronik dan sumber belajar dari lingkungan sosial tempat para siswa berada. Bahan cetak seperti buku pelajaran, majalah, koran, serta bahan elektronik seperti radio, TV, dan internet dapat dipakai sebagai sarana bantu agar para siswa dapat memperoleh pengetahuan yang diperlukan. Agar sumber tersebut benar-benar dapat
digunakan dengan baik maka diperlukan ketrampilan dalam memperoleh, membaca dan
menggunakannya.
Bahan cetak bisa berfungsi sebagai sumber belajar apabila para siswa memiliki
ketrampilan dalam membaca. Demikian juga sumber elektronik dapat berfungsi sebagai
sumber belajar apabila para peserta didik dibekali dengan ketrampilan dalam
menggunakan alat-alat tersebut. Melatih para siswa cara menggunakan sumber belajar
adalah sama pentingnya dengan melatih dan mengembangkan pengetahuan mengenai
materi pembelajaran IPS di SD. Pada bahan belajar mandiri ini Anda akan memperoleh
informasi mengenai pemikiran tentang berbagai sumber belajar serta cara
menggunakannya dalam proses pembelajaran IPS di SD. Diharapkan, dengan
mempelajari ini Anda akan memperoleh pemahaman mengenai beragam sumber belajar
dalam pembelajaran IPS di SD yang dapat Anda kembangkan dalam membantu para
peserta didik menjadi pembelajar yang mandiri, serta memiliki keterampilan dalam
mengembangkan pembelajaran IPS.
Setelah mempelajari modul ini, secara khusus diharapkan Anda dapat:
1. menjelaskan cara menggali bahan cetakan sebagai sumber belajar IPS di SD
2. menjelaskan cara menggunakan media elektronik sebagai sumber belajar IPS di
SD.

2
3. menjelaskan cara mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan sumber
belajar internet dalam proses pembelajaran IPS di SD.
4. Menjelaskan cara menggali sumber informasi dari tayangan film pada VCD pda
pembelajaran IPS di SD.
5. menjelaskan cara mengali informasi dari tayangan TV dalam pendidikan IPS SD.
6. menunjukkan contoh sumber belajar dari lingkungan sosial siswa dalam
pembelajaran IPS SD..
7. Menjelaskan cara menggali sumber belajar dari lingkungan siswa dalam
pembelajaran IPS SD
8. Menjelaskan prosedur serta cara merumuskan apa yang akan diinvestigasi dari
sumber belajar di lingkungan sosial siswa dalam pendidikan IPS SD.
9. menjelaskan proses atau pelaksanaan investigasi sosial dalam mengumpulkan
sumber belajar dari lingkungan sosial siswa dalam pembelajaran IPS di SD.
Untuk membantu Anda mencapai tujuan di atas bahan belajar ini diorganisasikan
menjadi dua kegiatan belajar (KB) sebagai berikut:
KB 1: Sumber belajar cetak dan elektronik dalam Pendidikan IPS SD.
KB 2: Sumber belajar dari lingkungan sosial Siswa dalam Pendidikan IPS SD.
Untuk membantu Anda dalam mempelajari bahan belajar ini, Anda harus
memperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini:
1. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan ini sampai Anda memahami secara
tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari bahan belajar ini.
2. Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dan kata-kata
yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-kata kunci tersebut dalam
kamus yang Anda miliki.
3. Tangkaplah pengertian demi pengertian melalui pemahaman sendiri dan tukar
pikiran dengan teman diskusi atau tutor Anda.
4. Untuk memperluas wawasan, baca dan pelajari sumber-sumber lain yang relevan
termasuk dari internet.
5. mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan latihan dan kegiatan diskusi
dengan teman dan tutor.

3
6. Kerjakanlah soal-soal latihan pada test formatif untuk mengukur tingkat
pemahaman anda mengenai bahan belajar ini.
Selamat belajar.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar