Pages

SUMBER, BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS SD (bag 1)

I. Latar Belakang, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Pendidikan IPS di SD.
Untuk mewujudkan pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional, yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, perkembangan masyarakat serta kebutuahan pembangunan.
Landasan penyususnan Kurikulum IPS SD Tahun 2006 tidak lepas dari Pendidikan Nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945. UUd 1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.
Sebagai perwujudan cita-cita nasional tersebut telah ditetapkan UU Sistem Pendidikan Nasional yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan serta martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional . UU Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa penyelengaraan pendidikan nasional adalah tanggung jawab bersama antara kel;uarga, masyarakat dan pemerintah.
Dengan berlakukanya undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan maka kurikulum Pendidikan Dasar perlu disesuaikan dengan peraturan Perunda-undangan tersebut.
Dalam pembelajaran IPS di SD, seorang guru IPS hendaknya menguasai perbedaan konsep-konsep esensial ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial atau studi sosial sehingga upaya membentuk subjek didik sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS dapat tercapai,
Perbedaan antara ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial atau studi sosial, antara lain terletak pada berikut ini :
a. Pengertian.
Pengertian IPS adalah bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu, sedangakan pengertian ilmu sosial adalah semua bidang ilmu yang berkenaan dengan manusia sebagai anggota masyarakat.
b. Tujuan Pembelajaran.
Pembelajaran IPS bertujuan membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri ditengah-tengah kekuastan fisik dan sosial , yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yanga baik dan bertanggung jawab, sedangkan ilmu sosial bertujuan menciptakan tenaga ahli pada bidang ilmu sosial.
c. Pendekatannya
IPS menggunakan pendekatan Interdisipliner atau multi disipliner dan lintas sektoral, sedangkan ilmu sosial menggunakan pendekatan disipliner.
d. Tempat Pembelajaran
IPS diajarkan pada tingkat rendah sampai tingkat tinggi, yaitu diajarkan mulai kelas 3 SD sampai Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu sosial dipelajari dan dikembangkan pada tingkat Perguruan Tinggi saja
Manfaat yang didapat setelah mempelajari IPS, antara lain berikut ini :
1. Pengalaman langsung apabila guru IPS memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar.
2. Kemampuan mengidentifikasi, menganalisisi, dan menyusun alternative pemecahan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
3. Kemampuan berkomunikasi dengan sesame warga masyarakat.
4. Kemampuan mengembangkan pengetahuan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta mempersiapkan diri untuk terjun sebagai anggota masyarakat.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar